«

»

Jurnal MSDA Vol. 2 No. 1, Juni 2014

Pengantar Redaksi

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Ilahi Rabbi atas terbitnya jurnal manajemen sumber daya aparatur (MSDA) ISSN 2355-0899, Volume 2 Nomor 1, juni 2014. Pada nomor ini, jurnal msda sajikan empat karya tulis iliah, satu di antaranya merupakan hasil penelitian studi kepustakaan tentang pengukuran prestasi kerja pegawai negeri sipil. Tiga artikel lainnya adalah hasil penelitian di lapangan, yakni dari Sulawesi Selatan (tentang perencanaan pegawai dalam pelaksanaan pendidikan dan latihan), Jawa Timur (tentang strategi pengembangan pegawai pemerintah non pegawai negeri sipil), dan dari Kalimantan Barat (tentang pemberdayaan masyarakat melalui pelestarian kawasan konservasi taman nasional).

Penerbitan jurnal ilmiah ini tidak terlepas dari visi dan misi Program Studi Manajemen Sumber Daya Aparatur Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN, yakni visi terselenggaranya Program Studi Manajemen Sumber Daya Aparatur sebagai penghasil pamong praja muda yang berakhlak mulia, profesional, dan pemersatu bangsa. Di antara tujuh misi nya adalah (a) menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat) di bidang manajemen sumber daya aparatur, dan (b) mengembangkan kurikulum manajemen sumber daya aparatur sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pemerintah dan pemerintah daerah.

Di samping menjembatani terealisasinya visi dan misi Prodi di atas, kami yakin pula, jurnal ini akan semakin memotivasi dan menumbuhkembangkan semangat menulis, meneliti serta memublikasikannya sehingga tercita suasana kehidupan ilmiah, khususnya tentang manajemen sumber daya aparatur yang demikian kompleks baik di instansi pemerintahan, swasta, maupun kalangan masyarakat luas. Hal ini sejalan pula dengan surat edarab direktorat jenderal pendidikan tinggi (Ditjen Dikti) kementrian pendidikan dan kebudayaan Nomor 152/E/T/2012 Tanggal 27 Januari 2012 yang menekankan tentang persyaratab kelulusan bagi mahasiswa untuk strata satu dengan ketentuan menghasilkan makalah yang yang diterbitkan pada jurnal ilmiah, starata dua pada jurnal ilmiah nasional yang terakreditas dikti, dan strata tiga pada jurnal internasional.

Semoga bermanfaat.

Redaksi,

Daftar Isi

H. Ismunarta dan Asep Hendra | 1-14

MODEL PENILAIAN PRESTASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL

Abstrak | Fulltext

Irfan Setiawan dan Ayu Widowati Johannes | 15-26

PERENCANAAN PEGAWAI DALAM PELAKASANAAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN DI KABUPATEN MAROS

Abstrak | Fulltext

Septi Andam Dewi dan Hajid Arifhidayat  | 27-48

STRATEGI PENGEMBANGAN PEGAWAI PEMERINTAHAN NON PEGAWAI NEGERI SIPIL RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN  SIDOARJO

Abstrak | Fulltext

Serly Wulandari dan Desty Pratiwi | 49-64

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELESTARIAN KAWASAN KONSERVASI TAMAN NASIONAL GUNUNG PALUNG DI KABUPATEN KETAPANG PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Abstrak | Fulltext

Leave a Reply

Your email address will not be published.