«

»

Jurnal MSDM Vol I No 2 Desember 2014

Pengantar Redaksi

Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Volume 1 Nomor 2 Tahun 2014 menyajikan lima artikel yang memuat hasil-hasil penelitian di bidang manajemen sumber daya manusia dengan berbagai permasalahannya di beberapa daerah di Indonesia.

Artikel pertama yang ditulis oleh Ni Putu Devi Arisanty menyajikan tentang ‘Pelaksanaan Promosi Jabatan di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jembrana Provinsi Bali’.  Pada artikel ini diuraikan bahwa pelaksanaan promosi jabatan di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jembrana Provinsi Bali khususnya pada tataran jabatan struktural eselon IV a cukup sesuai dengan aturan kepegawaian yang berlaku. Pelaksanaan promosi jabatan sangat dipengaruhi oleh a) adanya faktor subyektivitas pimpinan daerah dalam pelaksanaan Promosi Jabatan Struktural, b) adanya pengaruh pengembangan dan penataan organisasi yang berdampak pada ketersediaan formasi dan anggaran, c) keterbatasan jumlah sumber daya manusia aparatur, d) telah terbangunnya Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian.

Hasil penelitian berikutnya  adalah ‘Persepsi Masyarakat tentang Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulonprogo’.  Pada penelitian ini dijelaskan bahwa pemberian pelayanan oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat merupakan implikasi dari fungsi aparatur negara sebagai pelayan masyarakat. Pelayanan administrasi yang diberikan oleh petugas pelayanan sangat menentukan penilaian masyarakat terhadap kualitas pelayanan, dan kedudukan petugas pelayanan juga menentukan sejauhmana pemerintah mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Selanjutnya penelitian dari Renny Rakhmawati R. Badar tentang ‘Efektivitas Keikutsertaan Pegawai Pada Pendidikan dan Pelatihan Teknis Dalam Meningkatkan Kompetensi Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah’.  Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 yang menjadi langkah awal yang kuat dan memberikan perubahan dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Pemerintahan daerah dalam hal ini dapat menjalankan otonomi daerah seluas-luasnya untuk membangun daerahnya sendiri demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum, dan daya saing daerah. Keberadaan Pegawai Negeri Sipil dengan  kompetensi yang baik sangat diperlukan guna mencapai profesionalisme kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Artikel keempat ditulis oleh Desi Andarwati yang meneliti ‘Efektifitas Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) dalam Penempatan Pegawai di BKP Kota Pekanbaru.  Efektivitas SIMPEG dalam penempatan pegawai di BKD Kota Pekanbaru ternyata masih belum efektif, dikarenakan adanya faktor penghambat yaitu kurangnya sumber daya manusia yang mampu mengaplikasikan aplikasi SIMPEG dan kurangnya sumber daya teknologi yang merupakan  penunjang utama terlaksana SIMPEG serta kurangnya koordinasi antar SKPD sehingga tidak tercipta hubungan yang erat dalam koordinasi dan komunikasi dalam memberikan data dan informasi pegawai.

Artikel terakhir ditulis oleh Alwi yang meneliti tentang pelayanan publik atau program pemerintah yang ditujukan kepada publik di Kota Makassar.  Salah satu kebijakan publik yang dimaksud adalah kebijakan pedagang kaki lima (PKL). Tujuan kebijakan ini adalah untuk memberdayakan PKL yang masih tergolong masyarakat miskin, dimana kebijakan seperti itu dimaksudkan untuk mengentaskan kemiskinan

Redaksi

Daftar Isi :

Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Dalam Penempatan Pegawai Di Bkd Kota Pekanbaru Oleh Desi Andarwati

Abstract; Fulltext

Pelaksanaan Promosi Jabatan Dalam Pengembangan Karier Pegawai Negeri Sipil Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jembrana Provinsi Bali  Oleh Ni Putu Devi Arisanty

Abstract; Fulltext

Efektivitas Keikutsertaan Pegawai Pada Pendidikan Dan Pelatihan Teknis Dalam Meningkatkan Kompetensi Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah  Oleh Renny Rakhmawati R. Badar

Abstract; Fulltext

Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (Ktp-El)  Di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Septiani Arisugihartati)

Abstract; Fulltext

Model Akuntabilitas Kebijakan Publik (Studi Kasus Jaringan Implementasi Kebijakan Pedagang Kaki Lima di Kota Makassar) oleh Alwi

Abstract; Fulltext

Leave a Reply

Your email address will not be published.