«

»

Jurnal MSDM Vol 1 No 1 Desember 2014

Pengantar Redaksi

Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Volume 1 Nomor 1 Tahun 2014 menyajikan 5 (lima) artikel yang memuat isu-isu penting tentang kinerja aparatur dan pelayanan publik.  Konsep dan hasil penelitian yang dipaparkan merupakan pengembangan yang mendalam dari masing-masing penulis.

Kajian tentang ‘Komunikasi dan Pelayanan Publik’ diuraikan dengan lengkap oleh AG. Eka Wenats Wuryanta.  Penulis membahas bahwa penyelenggaraan pemerintahan telah terjadi pergeseran paradigma dari rule government menjadi good governance, dalam paradigma dari rule of government penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik senantiasa menyandarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sementara prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) tidak hanya terbatas pada penggunaan peraturan perundang-undangan yang berlaku, melainkan dikembangkan dengan menerapkan prinsip penyelenggaraan pemerintahan yang baik yang tidak hanya melibatkan pemerintah atau negara semata tetapi harus melibatkan intern birokrasi maupun ekstern birokrasi.

Selanjutnya, hasil penelitian Marthalina tentang ‘Peran Kepala BPPT dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di BPPT Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan’ menggambarkan bahwa peran Kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Provinsi Kalimantan Selatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Banjar dapat dikategorikan baik. Faktor yang mendukung peranan kepala BPPT dalam penyelenggaraan pelayanan publik yaitu faktor  personal atau individu, faktor kepemimpinan, faktor tim dan faktor sistem.

Penelitian tentang ‘Implementasi Nilai-Nilai Nosarara Nosabatutu dalam Meningkatkan Kinerja Aparat Kecamatan di Kantor Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah’ oleh Mego Selvya Putri mengungkapkan bahwa implementasi nilai-nilai nosarara nosabatutu dalam meningkatkan kinerja aparat kecamatan di Kantor Kecamatan Palu Barat belum optimal. Hal ini disebabkan karena; a) kurangnya Kompetensi aparat Kecamatan Palu Barat; b) kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Kantor Kecamatan Palu Barat, serta c) anggaran yang kurang memadai dalam penyelenggaraan pemerintahan Kecamatan Palu Barat.

Berikutnya Rizki Wulandari menguraikan hasil penelitian tentang ’Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil  di Badan Kepegawaian Daerah Kota Padangsidimpuan Provinsi Sumatera Utara.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budaya Organisasi  dan Kinerja Pegawai Negeri Sipil  berada dalam kategori baik. Budaya Organisasi dalam hal ini berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil cukup besar yaitu 63,5%, sehingga jika budaya organisasi ini dapat dikelola dengan baik maka akan berpengaruh besar terhadap peningkatan kinerja pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Kota Padangsidimpuan.

Artikel terakhir tentang Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Non-Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur ditulis oleh Ahmad Oktabri Widyananda.  Dinamika pemerintahan semakin menuntut birokrasi untuk terus berbenah dalam memperbaiki aspek pelayanan terhadap masyarakatnya. Kehadiran Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu jawaban atas tuntutan tersebut. Pelayanan yang berkualitas tentu sangat bergantung pada pegawai yang bekerja di dalamnya.  Beberapa saran penting dari peneliti yaitu dilakukan pembagian beban kerja, pelaksanaan program rekreasi, perbaikan kompensasi, penghargaan prestasi kerja, pengadaan sarana kesehatan dan kafetaria. Hal ini dimaksudkan agar kepuasan kerja pegawai KP2T Bondowoso dapat lebih ditingkatkan lagi.

Redaksi

Daftar Isi

Komunikasi dan Pelayanan Publik  Oleh : AG. Eka Wenats Wuryanta

(AbstractFulltexs)

Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Non-Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur  Oleh: Akhmad Oktabri

(AbstractFulltext)

Peran Kepala BPPT dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di BPPT (studi kasus di kab.Banjar Prov.Kalimantan Selatan) Oleh : Marthalina

(AbstractFulltext)

Implementasi Nilai-Nilai Nosarara Nosabatutu dalam Meningkatkan Kinerja Aparat Kecamatan di Kantor Kecamatan Palu Barat Kota Palu Prov.Sulawesi Tengah Oleh : Mego Selvia Putri

(AbstractFulltext)

Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap KInerja PNS di BKD Kota Padangsidimpuan Prov.Sumatera Utara Oleh : Rizki Wulandari

(AbstractFulltext)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.