«

»

Jurnal Manajemen Pemerintahan Vol I No 2 Desember 2014

PENGANTAR REDAKSI

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa berkat kehendak-Nya Jurnal Manajemen Pemerintahan Volume 1 No.2, Desember 2014 dapat dirampungkan. Edisi perdana ini berisi karya ilmiah baik berupa hasil pemikiran (studi kepustakaan) maupun hasil penelitian yang otentik dan akurat.

Jurnal Manajemen Pemerintahan ini diharapkan dapat menjadi rujukan yang mampu memberikan inspirasi untuk menulis, meneliti, dan atau menghasilkan karya ilmiah bagi para dosen/akademisi, para kader dosen, para civitas akademika dan para mahasiswa maupun pemerhati pemerintahan di lingkungan pemerintahan daerah maupun pemerintah pusat serta lingkungan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada khususnya.

Jurnal Manajemen Pemerintahan Volume 1 Nomor 1 ini diawali dengan tulisan Bupati Kabupaten Kutai Timur sekaligus menajabat sebagai ketua APKASI bapak H. Isran Noor yang menulis bagaimana pembinaan kaki lima terhadap ketertiban kota di Pekanbaru dipengaruhi oleh implementasi kebijakan penataan. Beliau mencoba menjelaskan dan menampilkan pengaruh implementasi kebijakan penataan pembinaan PKL yang signifikan terhadap ketertiban kota khususnya di Kota Pekanbaru.  Drs. Rukman, M.Si sebagai dosen tetap Institut Pemerintahan Dalam Negeri sekaligus menjabat Ketua Prodi Manajemen Pemerintahan meneliti Pengaruh Implementasi Kebijakan Anggaran Desa, Kepemimpinan Kepala Desa dan partisipasi Masyarakat terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Desa di Desa Sanja  Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. Beliau dengan tulisannya melihat bentuk-bentuk implementasi kebijakan anggaran seperti pengelolaan BUMDesa yang dalam pengelolaannya membutuhkan partisipasi masyarakat dan menjabarkan seni kepemimpinan Kepala desa untuk memaksimalkan pendapatan asli desa.

Tulisan ketiga kemudian dilanjutkan oleh Alma’arif, S.IP yang menjabarkan tulisannya mengenai penanganan konflik sosial di Indonesia yang memfokuskan pada penangan konflik sosial keagamaan di Provinsi Banten. Beliau menjabarkan bentuk-bentuk riil yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Banten yang dimulai pra, pada saat dan pasca konflik keagamaan. Pada tulisan tersebut juga menjabarkan kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh pemerintah provinsi Banten untuk kemudian menjadi masukan tersendiri bagi penanganan konflik sosial tidak hanyadi Banten melainkan di seluruh pemerintah daerah di Indonesia. Tulisan selanjutnya adalah tulisan kreaktif dan solutif yang timbul akibat beberapa permasalahan penyelenggaraan otonomi daerah dalam beberapa dinamika pemerintahan Indonesia. Ibu Ni Putu Depi Yulia Paramesti, S.IP mencoba menjabarkan dan mengulas beberapa permasalahan penyelenggaraan otonomi daerah yang dianggap gagal dan tidak sesuai dengan harapan dalam konstitusi. Pada bagian penutup dari jurnal ini adalah Kharisma Eka Putra, S.STP mencoba melihat hubungan konsep antara implementasi kebijakan terhadap kualitas pelayanan terpadu.  Beliau melihat penerapan beberapa kebijakan sektoral oleh SKPD terkait yang mengakibatkan perubahan terhadap SOP dan bentuk pelayanan terpadu pada unit penyelenggara terpadu di Kota Depok.

Dengan terbitnya jurnal ini, kami berharap mampu memberikan sumbangan besar bagi dunia pendidikan dan praktisi dengan memberikan pemahaman kepada pembaca terhadap perkembangan keilmuan khususnya dalam bidang Manajemen Pemerintahan di lingkungan pemerintahan. Tak lupa, kami menunggu kritik dan saran pembaca untuk perbaikan dalam penerbitan jurnal selanjutnya.

Redaksi

Daftar Isi :

Cover Depan
Cover Belakang
1-28 Pengaruh Implementasi Kebijakan Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima terhadap Ketertiban Kota Pekanbaru (Isran Noor/Bupati Kabupaten Kutai Timur, Ketua APKASI)
ABSTRAK-ISRAN NOOR
29-56 Pengaruh Implementasi Kebijakan Anggaran Desa, Kemepimpinan Kepala Desa dan Partisipasi Masyarakat terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Desa di Desa Sanja Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. (Rukman /Dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
 ABSTRAK-RUKMAN
57-76 Manajemen Konflik Sosial di Indonesia (Studi pada Penanganan Konflik Sosial Keagamaan di Provinsi Banten) Alma’arif (Dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
ABSTRAK-ALMA’ARIF
77-94 Harapan dan Kenyataan Penyelenggaraan Otonomi Daerah dalam Dinamika Pemerintahan Indonesia (Ni Putu Depi Yulia Paramesti /Dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
ABSTRAK-NI PUTU DEPI
95-114 Pengaruh Implementasi Kebijakan terhadap Kualitas Pelayanan Terpadu Kharisma (Eka Putra/Pemerintah Kota Depok)
ABSTRAK-KHARISMA

Leave a Reply

Your email address will not be published.