«

»

Jurnal Manajemen Pemerintahan Vol I No 1 Bulan Juni 2014

PENGANTAR REDAKSI

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa berkat kehendak-Nya Jurnal Manajemen Pemerintahan Volume 1 No.1, Juni 2014 dapat dirampungkan. Edisi perdana ini berisi karya ilmiah baik berupa hasil pemikiran (studi kepustakaan) maupun hasil penelitian yang otentik dan akurat.

Jurnal Manajemen Pemerintahan ini diharapkan dapat menjadi rujukan yang mampu memberikan inspirasi untuk menulis, meneliti, dan atau menghasilkan karya ilmiah bagi para dosen/akademisi, para kader dosen, para civitas akademika dan para mahasiswa maupun pemerhati pemerintahan di lingkungan pemerintahan daerah maupun pemerintah pusat serta lingkungan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada khususnya.

Jurnal Manajemen Pemerintahan Volume 1 Nomor 1 ini diawali dengan tulisan Bupati Kabupaten Kutai Timur sekaligus menajabat sebagai ketua APKASI bapak H. Isran Noor yang menulis Implementasi Kebijakan Perizinan Pertambangan Batubara di Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur. Pada tulisan tersebut beliau melihat dan meneliti beberapa kebijakan yang bertentangan dan sesuai dengan pengelolaan izin pertambangan. Dr. Marja Sinurat, MM sebagai dosen tetap Institut Pemerintahan Dalam Negeri dengan tulisannya melihat bentuk-bentuk pendelegasian urusan pemerintahan yang diberikan kepada Kecamatan perbatasan oleh pemerintah daerah. Dalam tulisannya beliau melihat, mendeskripsikan dan menganalisis beberapa urusan-urusan unik yang khusus diberikan pemerintah daerah kepada kecamatan.

Tulisan ketiga kemudian dilanjutkan oleh Ketua Prodi S1 Manajemen Pemerintahan yang menjabarkan tulisannya mengenai implementasi kebijakan terhadap akuntabilitas kinerja pengelolaan aset daerah di kabupaten bandung. Beliau menunjukkan implementasi kebijakan oleh pemerintah daerah kabupaten Bandung mempengaruhi bentuk pertanggungjawaban kinerja pengelolaan aset daerah. Tulisan selanjutnya adalah tulisan reaktif dan solutif yang timbul akibat beberapa permasalahan desentralisasi di Indonesia. Bapak Dr. H. Baharuddin Thahir mencoba menjabarkan dan mengulas beberapa permasalahan dan akibat serta memberikan pertimbangan-pertimbangan dari implementasi desentralisasi di Indonesia. Pada bagian penutup dari jurnal ini adalah Dr. Mulyadi, SP., MP yang mencoba melihat hubungan konsep antara Manajemen Pemerintahan dan bentuk Kepemimpinan  kepala daerah dalam pemberdayaan masyarakat di Kutai Timur. Beliau melihat penerapan bentuk manajemen pemerintahan oleh kepala daerah sebagai pimpinan tertinggi di kutai timur.

Dengan terbitnya jurnal ini, kami berharap mampu memberikan sumbangan besar bagi dunia pendidikan dan praktisi dengan memberikan pemahaman kepada pembaca terhadap perkembangan keilmuan khususnya dalam bidang Manajemen Pemerintahan di lingkungan pemerintahan. Tak lupa, kami menunggu kritik dan saran pembaca untuk perbaikan dalam penerbitan jurnal selanjutnya.

Redaksi

 

Daftar Isi :

COVER DEPAN
COVER BELAKANG
Pengantar Redaksi
1-20 Implementasi Kebijakan Perizinan Pertambangan Batubara di Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur (Isran Noor /Bupati Kabupaten Kutai Timur, Ketua APKASI)
ABSTRAK-ISRAN NOOR
21-46 Pendelegasian Urusan Pemerintahan Kepada Kecamatan Perbatasan (Marja Sinurat/Dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
ABSTRAK-MARJA SINURAT
47-65 Pengaruh Implementasi Kebijakan terhadap Akuntabilitas Kinerja Pengelolaan Aset Daerah di Kabupaten Bandung (Rukman /Dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
 ABSTRAK-RUKMAN
66-81 Mengkaji (lagi) Desentralisasi di Indonesia (Baharuddin Thahir/Dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
ABSTRAK-BAHARUDDIN THAHIR
82-106 Manajemen Pemerintahan dan Kepemimpinan Kepala Daerah dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Kutai Timur (Mulyadi /Dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
ABSTRAK-MULYADI

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.