«

»

Hal 83-90

DINAMIKA KOMITE SEKOLAH

DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN

(SUATU PERSPEKTIF OTONOMI DI BIDANG PENDIDIKAN)

Oleh : Ali Hanapiah Muhi*

ABSTRAK

Sekolah merupakan organisasi yang tidak dapat  berdiri sendiri, tidak dapat berkembang dan mencapai kemajuan tanpa keterlibatan dari lingkungan, dalam artian bahwa sekolah tidak terpisahkan dari lingkungan.

Komite sekolah sebagai lembaga mandiri dibentuk dan berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana serta pengawasan pendidikan pada tingkat  satuan pendidikan. Konsep komite sekolah mengandung pula  adanya upaya pelibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.

Prosedur studi dalam kajian tentang dinamika komite sekolah dalam pengelolaan pendidikan ini menggunakan desain library studies.

Desentralisasi pendidikan tidak terhenti pada tingkat kabupaten/kota, tetapi justru langsung kepada sekolah sebagai ujung tombak penyelenggaraan pendidikan. Komite Sekolah merupakan sebuah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat  dalam rangka peningkatan  mutu, pemerataan dan efesiensi pengolalaan disatuan pendidikan baik pada pendidikan prasekolah,  jalur pendidikan sekolah maupun pendidikan luar sekolah. Nmaun demikian, fenomena kehadiran komite sekolah masih mendapat sorotan dari masyarakat, antara lain : (a) kehadiran komite sekolah di anggap sebagai formalitas, (b) komite sekolah di anggap memiliki peran sebagai pembantu penyelenggaraan pendidikan (BP3), (c) komite sekolah mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Kata  kunci : sekolah, komite sekolah, desentralisasai pendidikan, ototnomi pendidikan.

1 ping

  1. Jurnal IPDN says:

    [...] Dinamika Komite Sekolah dalam Pengelolaan Pendidikan (Suatu Perspektif Otonomi di Bidang Pendidikan) [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.