«

»

Hal 17-28

PERILAKUĀ  BIROKRASI

DAN DAMPAK TERHADAP LAYANAN PUBLIK

Oleh : Sarjiman Arianto

ABSTRAK

Secara etimologis prilaku berasal dari kaya peri (berarti halus) dan laku berarti tindakan. Jadi prilaku adalah setiaap tindakan yang dilakukan seseorang secara halus. Secara harflah perilaku adalah tindakan atau kegiatan manusia yang dapat diamati. Dilingukangan pemerintahan organisasi birokrasi yang terdiri dari para birokrat juga mempunyai karakteristik tersendiri. Adapun karakteristik yang dipunyai oleh organisasri hierarki birokrasi diwujudkan dalam susunanĀ  hierarki birokrasi yaitu adnya pembagian kerja, tugas-tugas, wewenang dan tanggung jawab, sistem pengajian, sistem pengendalian dan sebagainyaa. Dalam rangka penyelenggaraan dalam tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan para birokrat ditungtut pemahaman dan penguasaan tugasnya secara cermat, akurat dan detail. Dengan membangun kinerja pelayan publik yang baik sesungguhnya dapat membangun hubungan baik dengan masyarakat dan memperluas legitimsinya dimata masyarakat. Hal tersebut akan menambahan kewibawaan aparatur pemerintah sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat.

kata kunci : perilaku, birokrasi, layanan publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.