«

»

Hal 123-131

BIROKRASI DAN PESENTRALISASI PENDIDIKAN

DI ERA OTONOMI DAERAH

(SUATU KASUS KEBIJALKAN PUBLIK)

Oleh : Devi Irena


ABSTRAK

Pendidikan memang penting dan sangat strategis peranannya dlam per caturan hidup suatu bangsa. Melalui pendidikan, suatu bangsa bisa menatap masa depannya. Pendidikan sebagai unjung tombak membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Kualitas bangsa akan diproleh melalui pendidikan yang berkualitas.

Dari aspek kualitas, pendidikan kita emang sungguh sangat memperhatinkan. Kemerosotan kualitas pendidikan terjadi dikarenakan ketidak mampuan organisasi pendidikan melakukan adaptasi diri terhadap perkembangan dan kebutuhan lingkungan sebagai akibat dari birokratisasi dan pengelolaan pendidikan yang bersifat sentralistis.

Dimasa mendatang, untuk meningkatkan kualitas pendidikan harus didasarkan pada kebijaksanaan debirokratisasi dan sentralisasi. Dimana desentralisasi pendidika menempatkan sekolah sebagai garis depan dalam berprilaku untuk pengelola pendidikan. Penerapan disentralisasi pendidikan tidak semudah membalikan telapak tangan, karena akan berhadapan dengan berbagai kendala yang mungkin timbul. Namun demikian, kebijakan desentralisasi pendidikan memrupakan pilihan srategis bagi pembangun pendidikan dimasa depan.

Kata kunci : Kebijakan, Pendidikan dan desentralisasi

1 ping

  1. Jurnal IPDN says:

    [...] Birokrasi dan Desentralisasi Pendidikan di Era Otonomi Daerah (Suatu Kasus Kebijakan Publik) [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.